June 10, 2016

Structured Requery Language (SQL) & Report Rave

Sekian lama ga posting di blog, kali ini gue bakal kasih tutorial menggunakan SQL & Report Rave ni bro, tapi sebelum ke intinya gue bakal kasih pengertian apa itu SQL dan Report Rave.
Jadi SQL adalah sekumpulan perintah khusus yang digunakan untuk mengakses data dalam database relasional. SQL merupakan sebuah bahasa komputer yang mengikuti standar ANSI (American Nasional Standard Institute) yang digunakan dalam manajemen database relasional. Dengan SQL, kita dapat mengakses database, menjalankan query untuk mengambil data dari database, menambahkan data ke database, menghapus data di dalam database, dan mengubah data di dalam database. Sedangkan Report adalah satu komponen Default Bawaan Delphi yang dapat kita manfaatkan untuk membuat laporan. Komponennya tidak perlu anda instal karena sudah ada didalam Pallete Rave.
Nah sekarang masuk ke materi kita gan,
Sebelum masuk aplikasi borland delphi7 ente kudu bikin folder dulu buat tempat si anu (baca: Project delphi) daaaaannnnn
Pertama kita masuk ke Aplikasi Borland Delphi7 dulu, untuk yang belum punya softwarenya gue gabisa kasih link downloadnya gan. So? ente bisa cari di google hehe
langkah selanjutnya ente bikin sebuah database, bisa diliat digambar bawah ini tutornya gan
pada menu tools ente pilih database, nanti bakal masuk menu begini

Ente klik alias manager, trus biarkan isinya dbdemos, klik New, nah diisini ente isi nama sesuai yg ente mau, trus klik browse, cari folder yg udah ente buat tadi lalu klik OK.
 Selanjutnya
Klik file, new, table, trus ada bacaan paradox..... tuh ente klik aja ok
nanti bakalan muncul seperti diatas, ente isi aja sesuai data yang bakal ente buat, pada key ente pencet tombol spasi, itu gunanya buat ngunci biar gakemana mana datanya gan hehehe... trus ente save as di folder yang ente buat, dan jangan lupa isi alias yang udah ente buat tadi dan nama file (yg ini kudu inget ya), lalu klik Ok. Muncul menu database lagi ente klik open, table, ganti alias dengan yg udah ente buat dan klik table tadi yg udah ente buat nah nanti bakal muncul table kosong, ente bisa isi tablenya di menu edit table, trus isi dah nanti jadinya kayak gambar dibawah..

Next janga close database ente dulu sebelum ente bikin projectnya, contohnya kayak
Di project, ente masukin SQL Query dan ganti database dengan alias yg ente buat, trus isi DB GRID (ganti datasource dengan datasource 1) dan Datasource (ganti dataset dengan query1) seperti gambar diatas.
Jika Semua langkah udah selesai program bisa ente Kaburin gan (baca: Run).
Naaahh sekian kurang lebihnya ane ketik dan mungkin waktunya mepet lain kali ane edit lagi yang  kurang dari postingan kali ini, sekarang kita next aja langsung ke materi Rave Report gan begini langkahnya...

Di Project ente isi sperti contoh diatas, ganti dataset ravedataconnection dengan table1
Di menu tools ente klik Rave Designer, daannn
Klik file, new, Klik File lagi dan klik New Data Object
Pilih direct data view, dan next, next, next, sampe data ente keluar semua....
ente bisa edit rapihin datanya yg belepotan gan hehehe.... trus save as di folder ente dan NAMANYA JANGAN SAMPE LUPA...
Masuk lagi ke project, pada button print doble click lalu masukin koding (Rvproject1.execute)
dan pada Raveproject, ganti project denga NAMA RAVE yang ente buat gan...
Mungkin sekian dulu yg bisa ane ketik, karna banyak tugas tugas lain yg harus ane selesaiin malam ini :'(
Berikut Ane lampirin video Program Delphi7 tentang SQL dan Report Rave

Jadi, inti dari videonya itu ane ngebuat sebuah program tentang Pendataan dari sebuah product dengan sebuah database, yang didalamnya terdapat KODE, NAMA PRODUCT, STOCK, WARNA, DAN HARGA...
Disitu kita bisa lihat data data yang telah kita input di database tadi, tentunya dengan tema SQL tadi diatas...
dan tentang PRINT itu, kita dapat dari RAVE REPORT yang tutornya udah ane posting diatas, kurang lebihnya seperti itu, sederhananya buatan ane yang baru mengenal sebuah Program karena basic ane waktu smk bukan dibidang ini gan hehe...
Oke kesimpulannya Dari program yg kita buat, kita bisa dengan mudah nginput data data dengan metode yg modern jadi gaperlu cape nulis didalam kertas yang harus ngeluarin biaya lagi kalo kertasnya abis dan alat tulis lainnya gan... ini menurut ane yaa entah menurut ente sih wkwk....

Oke sekian yang bisa ane buat untuk sementara waktu, lain kali ane edit supaya lebih baik lagi postingan ini dan SEMOGA BERMANFAAT UNTUK SEMUA.. Happy 5 Ramadhan 1437 Selamat Menjalankan Ibadah Puasa bagi yang menjalankan...

 Thank's To : Mas Rossi Ikhsan Taufik selaku pembimbing dan asisten ane dalam Praktikum Pemrograman Komputer ini..

Salam... WISNU NURCAHYONO, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta T/A 2015 


No comments:

Post a Comment